Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Selasa, 11 Maret 2014

Pengenalan Dasar Turbo Pascal 7.0

Bahasa pemrograman Turbo Pascal merupakan suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971 dari Technical University di Zurich, Switzerland. Profesor Niklaus Wirth ini merancang bahasa tingkat tinggi Pascal yang orientasinya pada segala tujuan.
Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, seorang ahli matematika dan filosofi terkenal pada abad ke 17 dari Perancis yang pertama kali menciptakan mesin penghitung sebagai bentuk penghargaan darinya, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk memberikan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Sampai sekarang digunakanlah bahasa pemrograman Turbo Pascal yang akan dibahas untuk selanjutnya.

Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.
Pada awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. 
Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas.
Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :

 UCSD Pascal.  ` Microsoft Pascal. 
 Apple Pascal.  Turbo Pascal.


Konsep pemrograman adalah bentuk dasar dari suatu program yaitu algoritma program, yaitu urutan proses yang dilakukan oleh sebuah program, umumnya algoritma ini berbentuk flowchart (diagram alir). Teknik pemrograman adalah cara mengubah suatu algoritma menjadi program yang sebenarnya dengan bahasa pemrograman tertentu. Konsep dan teknik pemrograman adalah dasar dari pemrograman komputer, dengan menguasai kedua hal tersebut maka mempelajari pemrograman menjadi lebih mudah.
Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini. Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program (program heading) dan suatu blok program (program block) atau badan program (body program). Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement part).
Secara ringkas, struktur suatu program Pascal dapat terdiri dari :
1. Judul Program PROGRAM nama_program;
2. Blok Program 
a. Bagian deklarasi
Deklarasi label LABEL nama-label;
Deklarasi konstanta CONST…………...;
Deklarasi tipe TYPE …………….;
Deklarasi variabel VAR ……………..;
Deklarasi prosedur PROCEDURE nama-prosedur;
……………………………….;
Deklarasi fungsi FUNCTION nama-fungsi;
………………………….;
b. Bagian Pernyataan 
Begin
(statement) 
…………;
…………;
end.


Judul program merupakan tempat atau bagian untuk mendefinisikan nama dari program yang akan dibuat. Deklarasi merupakan bagian untuk mendefinisikan variabel, konstanta, label, subprogram (function dan procedure) yang akan digunakan dalam program; sedangkan deskripsi adalah bagian inti dari suatu program yang menjadi tempat mendeskripsikan sintaks-sintaks atau perintah-perintah program yang akan dibuat dalam bahasa Pascal.
Unsur aturan penulisan dasar akan digabung membentuk ungkapan (expressions), pendeklarasian (declarations), dan pernyataan (statements). Pernyataan menggambarkan tindakan algoritma yang dapat dijalankan dalam program. Setiap ungkapan adalah sebuah aturan kesatuan aturan penulisan yang terdapat dalam pernyataan dan menunjukkan sebuah nilai.

Setiap ungkapan terdiri dari operator dan operand. Sedangkan pengumuman menegaskan sebuah pengenal (identifier) yang dapat digunakan pada ungkapan atau pernyataan, dan bila diperlukan memesan tempat pada pengingat untuk pengenal tersebut.
Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma. Lain halnya dengan bagian deklarasi yang digunakan bila di dalam program digunakan pengenal ( identifier). 
Identifier dapat berupa label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi. Kalau suatu program menggunakan identifier, Pascal menuntut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.
Beberapa aturan dalam program Pascal antara lain :
o Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang paling akhir.
o Tanda titik koma (;) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.
o Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titk koma (;).
Contoh : simpan := akhir; akhir := simpan + awal;
o Baris komentar diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan }.
Suatu program Pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja. Bagian pernyataan (statement part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu blok. Bagian ini diawali dengan reserved word Begin dan diakhiri dengan reserved word End. Jadi suatu program Pascal yang paling sederhana dapat berbentuk : 
Begin End. Blok statement harus diawali oleh kata Begin dan diakhiri dengan kata End yang ada titik dibelakangnya (End.). Sedangkan format umum untuk suatu program biasanya adalah: 
Program ….. 
Uses …..
Var
….. …..
Begin
…statement…
End. 
Uses adalah sejenis istilah yang berarti kita menggunakan suatu library (pustaka) tertentu dimana biasanya digunakan uses wincrt artinya meminta izin kepada Windows. Dapat diibaratkan library itu sejenis kotak yang di dalamnya ada perintah-perintah yang kita butuhkan untuk program kita nantinya, seperti clrscr, readkey, keypressed, readln, dan sebagainya. 
Jenis – jenis (tipe) data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain yaitu:
1. Jenis data sederhana

a. Jenis data yang standar; yaitu : 
• Integer, tipe data berupa bilangan bulat baik positif maupun negatif.
Integer : -32768 hingga +32767.
Shortint ( short integer) : -128 hingga +127.
Longint (long integer) : -2147483648 hingga +2147483648. 
Word : 0 hingga 65636.
Byte : 0 hingga 255. 
• Real, tipe data berupa bilangan nyata atau pecahan yang dapat dinyatakan dengan desimal maupun pangkat.
• String, tipe data yang berupa deretan atau kumpulan karakter dimana selalu diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal.
• Char, tipe data berupa karakter yang hanya terdiri atas satu simbol, huruf ataupun angka serta tidak dapat beroperasi secara matematik (kode ASCII dari 0 sampai 255).
• Boolean.. tipe data logika dengan hanya 2 kemungkinan yaitu TRUE dan FALSE.
b. Jenis data yang non standar (user defined), yaitu;
• Enumerated,
• Sub-range.


2. Jenis data berstruktur, yaitu:


a. Array
b. Record
c. Set
d. File


3. Jenis Data Pointer
Variabel bisa diibaratkan sebagai sebuah kantong yang bisa menyimpan sesuatu. Dalam program yang meminta inputan ke user, maka inputannya harus ditampung ke dalam kantong yang bernama variabel ini. Dan kantong ini juga bisa diakses oleh statement program lainnya.

Reserved Word merupakan suatu kata-kata baku secara mutlak yang digunakan dalam program dan sudah terintergrated dalam Pascal dan juga mempunyai bentuk serta kegunaan tertentu yang telah didefinisikan oleh Pascal.
Reserved Word ini tidak boleh didefinisikan kembali oleh si pemakai, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pengenal (Identifier). Reserved Word ini jumlahnya berbeda untuk masing-masing bahasa Pascal. Dalam bahasa pemrograman Pascal, beberapa Reserved Word dalam Pascal antara lain:


  1. AND 
  2. DOWNTO 
  3. IN 
  4. OF 
  5. STRING
  6. ASM 
  7. ELSE
  8. INHERITED 
  9. OR 
  10. THEN
  11. ARRAY 
  12. END 
  13. INLINE 
  14. PACKED 
  15. TO
  16. BEGIN 
  17. EXPORTS 
  18. INTERFACE 
  19. PROCEDURE 
  20. TYPE
  21. CASE 
  22. FILE 
  23. LABEL 
  24. PROGRAM 
  25. UNIT
  26. CONST 
  27. FOR
  28. LIBRARY 
  29. RECORD 
  30. UNTIL
  31. CONSTRUCTOR 
  32. FUNCTION 
  33. MOD 
  34. REPEAT 
  35. USES
  36. DESTRUCTOR 
  37. GOTO 
  38. NIL 
  39. SET 
  40. VAR
  41. DIV 
  42. IF 
  43. NOT 
  44. SHL 
  45. WHILE
  46. DO 
  47. IMPLEMENTATION 
  48. OBJECT 
  49. SHR 
  50. WITH


Selain dari Reserved Word di atas,Turbo Pascal masih memiliki tambahan Reserved Word berikut:
ABSOLUTE ASSEMBLER FAR FORWARD INDEX
Statemen merupakan suatu perintah (instruksi) atau gabungan perintah yang menyebabkan komputer melakukan aksi dalam hal ini untuk pengerjaan program Pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan (Reserved Word) BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;]. Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.
Tipe statement dalam Pascal terdiri atas sebagai berikut :
1. Sederhana : 
- Menandai sebuah item data ke sebuah variabel (assigment statement).
Contoh : X := Y * 4.135
- Pemanggilan procedure dan goto statement.

2. Terstruktur:
- Compound Statement.
Contoh : Begin 
read (x) ;
y := x + 5;
write (y)
End.
- Repetitive Statement
Contoh : For I := 1 to 100 do 
write (count);
- Conditional Statement
Contoh : If x > 100 then write (s)
else write (p) ;


Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output meliputi :
 Read/Readln, perintah yang digunakan untuk memasukkan input data lewat keyboard ke dalam suatu variabel.
Read menyebabkan posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya sedangkan Readln menyebabkan posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah diinput.
 ReadKey, perintah yang digunakan untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data yang dihasilkan adalah char.
 Write/Writeln, perintah yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak isi dari suatu nilai variabel di layar monitor.
Write menyebabkan posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya sedangkan Writeln menyebabkan posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah diinput.
Statemen-statemen yang digunakan dalam pengaturan letak layar meliputi :
 ClrScr, perintah yangdigunakan untuk membersihkan layar (clear screen).
 GotoXY, perintah yang digunakan untuk menempatkan posisi kursor pada layar.
Keterangan : X = sumbu X (posisi horisontal).
Y = sumbu Y (posisi vertikal).
 DelLine, perintah yang digunakan untuk menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawahnya.
 InsLine, perintah yang digunakan untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser kebawah tampilan-tampilan baris dibawahnya.
 Delay, perintah yang digunakan untuk menghentikan sejenak proses program.
Keterangan : variable MS = ukuran waktu dalam milisecond.
Statemen – statemen yang digunakan untuk memanipulasi string meliputi :
 ConCat, perintah untuk menggabungkan 2 atau beberapa variabel string.
 Copy, perintah untuk mengambil satu atau beberapa karakter dari sebuah string.
Keterangan : S = sebuah string (string).
Index = posisi awal kita akan mengambil beberapa karakter (integer)
Count = banyaknya karakter yang akan diambil (integer).
 Delete, perintah yang digunakan untuk menghapus sebagian karakter dari sebuah string.
 Insert, perintah yang digunakan untuk menyisipkan satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string.
Keterangan : Source = sumber string untuk disisipi (string).
var S = string tujuan yang akan disisipi oleh string Source (string).
Index = posisi mulai (integer).
 Length, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai panjang dari suatu string (jumlah karakter dalam string).
 Pos, perintah yang digunakan untuk mencari posisi sebuah bagian string (substring) didalam sebuah string.
Keterangan : Substr = substring yang akan dicari posisinya di dalam sebuah string S. Bila bernilai 0 berarti nilai string yang dicari tidak ada.
 Str, perintah yang digunakan untuk mengubah nilai numerik ke dalam nilai string.
 Val, perintah yang digunakan untuk mengubah nilai string ke dalam nilai numerik.
Nilai string harus berisi angka, plus atau minus, bila tidak berarti kesalahan dan letak kesalahannya ditunjukkan oleh variabel posisi salah. Jika benar, maka nilai variabel tersebut bernilai 0 (nol).
 UpCase, perintah yang digunakan untuk memberikan huruf kapital dari argumen.
Statemen-statemen untuk perhitungan aritmatik meliputi :
 Abs, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
 ArcTan, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
 Cos, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
 Exp, perintah yang digunakan untuk menghitung nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam),yaitu sebesar x.
 Frac, perintah yang digunakan untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
 Int, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel dengan membuang bilangan di belakang koma.
 Ln, perintah yang digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural logarithm) dari nilai x.
 Sin, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai dari fungsi Sinus.
 Sqr, perintah yang digunakan untuk menghitung nilai pangkat kuadrat dari suatu bilangan.
 Sqrt, perintah yang digunakan untuk menghitung nilai akar dari suatu bilangan.
Statemen-statemen untuk transfer nilai dari suatu variabel meliputi :
 Chr, perintah yang digunakan untuk mengubah nilai dari byte ke bentuk karakter yang sesuai dengan kode ASCII.
 Ord, perintah yang digunakan untuk mengubah nilai suatu variabel dari bentuk karakter ke bentuk longint.
 Round, perintah yang digunakan untuk membulatkan data tipe real ke data tipe longint.
Keterangan : Jika nilai pecahan < 0,5 maka dibulatkan kebawah sedangkan jika nilai pecahan > 0,5 maka dibulatkan keatas.
 TRUNC, perintah yang digunakan untuk membulatkan kebawah data tipe real ke data tipe longint.
Contoh : Writeln('20/3 dibulatkan kebawah = ',Trunc (20/3)); hasilnya : 20/3 dibulatkan kebawah = 6.
Statemen-statemen untuk memanipulasi data meliputi :
 Pred, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai sebelum nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
 Succ, perintah yang digunakan untuk memberikan nilai sesudah nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
 Inc, perintah yang digunakan untuk menambah (increments) nilai suatu variabel.
 Dec, perintah yang digunakan untuk mengurangi (decrements) nilai suatu variabel.
Statemen-statemen tambahan (warna,suara dan window) meliputi :
 TextColor, perintah yang digunakan untuk mengatur warna dari karakter-karakter di layar.


Daftar TextColor :


(1) Hitam 

(2) Hijau muda
(3) Hijau pupus 
(4) Merah
(5) Ungu Tua 
(6) Kuning 
(7) Putih
(8) Biru Tua 

(9) Biru Cerah 
(10) Hijau Muda
(12) Merah Muda 

(13) Ungu Cerah 
(14) Kuning Muda
(15) Ungu Pupus 

(16) Hitam

Daftar TextColor dengan Blink :
(17) Biru Tua 

(18) Hijau Muda 
(19) Hijau Pupus 

(20) Merah 
(21) Ungu Tua


 TextBackGround, perintah yang digunakan untuk mengatur warna latar belakang dari karakter-karakter di layar.
 Window, perintah yang digunakan untuk membuat suatu jendela (window) yang terletak pada layar.
 TextMode, perintah yang digunakan untuk mengatur lebar layar, 80 kolom atau 40 kolom.
 Sound, perintah yang digunakan untuk mengaktifkan suara (beep) pada internal speaker.
Untuk mengnonaktifkannya, gunakan statemen NoSound.


Dalam Turbo Pascal, ada hotkey atau tombol – tombol pada keyboard yang dapat memudahkan pekerjaan dalam Pascal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar